Manfaat Buah Melon Kaya Nutrisi

Photo by Kenny Kennethh on Unsplash

Melon adalah buah yang segar dan lezat yang banyak ditemukan di Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau atau kuning dengan daging berwarna oranye, putih, atau hijau tergantung varietasnya. 

Selain memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis yang menyegarkan melon juga memiliki kandungan sejumlah nutrisi penting. Berdasarkan kandungannya, tentu konsumsi melon dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berikut ini adalah beragam manfaat dari mengonsumsi buah melon:

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah gangguan yang dengan tanda-tanda, seperti sakit kepala, bibir kering, penurunan frekuensi buang air kecil, dan kelelahan. Masalah tersebut terjadi akibat tubuh kekurangan cairan, sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya. Dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai dehidrasi di artikel Cara Mudah untuk Mencegah Dehidrasi. Dengan kandungan 90 persen air di dalamnya, Cucumis melo L dapat membantu mengatasi gejala dehidrasi. Berbagai mineral di dalamnya juga membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh.

2. Memenuhi gizi ibu hamil

Bumil membutuhkan nutrisi berupa vitamin dan mineral lebih tinggi dari biasanya. Di dalam buah ini mengandung kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Manfaat lainnya juga didukung oleh asupan vitamin C yang bekerja dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil. Dengan begitu, bumil tidak mudah terserang penyakit yang berisiko membahayakan janin.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Menurut studi yang terbit dalam jurnal Food Research International, selain dagingnya, kulit melon juga berpotensi untuk menyehatkan pencernaan. Kulit melon memiliki potensi antioksidan dan prebiotik. Hal ini berkaitan dengan senyawa fenolik dan produksi asam lemak yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

4. Menurunkan tekanan darah

Natrium dan kalium di dalamnya dapat menurunkan sekaligus menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini tentunya dapat mendukung kinerja jantung. Buat pengidap darah rendah, natrium di dalam melon bekerja dengan mengikat cairan dan menambah volume darah. Berita baiknya, pada pengidap darah tinggi, kalium dalam melon dapat membantu menyeimbangkan jumlah volume darah.

5. Menurunkan risiko peradangan

Menurut jurnal ilmiah tahun 2022 silam, nutrisi yang terkandung dalam melon merupakan sumber antioksidan potensial untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis. Kandungan vitamin C di dalam melon dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut mampu mempercepat perpindahan sel-sel kekebalan tubuh ke area infeksi, dan merangsang sel untuk memakan patogen penyebab penyakit.

6. Menyehatkan tulang

Melon mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Folat sangat penting untuk pemecahan homosistein. Kondisi ini berkaitan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu.

7. Mendukung kulit sehat

Asupan vitamin C yang cukup sangat penting pada buah yang kerap menjadi bahan pembuatan salad ini dapat membantu memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Produksi kolagen dan asupan vitamin C yang terdapat di dalamnya bekerja efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

8. Menyehatkan rambut

Vitamin A berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan di tubuh, termasuk di kulit dan rambut. Vitamin C mengaktifkan tubuh untuk memproduksi kolagen, yang memberikan struktur pada sel, kulit, dan rambut. Keterbutuhan akan vitamin dan mineral tersebut bisa kamu dapatkan pada buah melon.

9. Mendukung kekebalan tubuh

Vitamin C memiliki peran dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan melon mengandung nutrisi tersebut. Nah, asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa. Sebab, sistem kekebalan manusia sangat kompleks sehingga membutuhkan nutrisi penting agar berfungsi dengan baik.

10. Menyehatkan mata

Buah berdaging oranye ini mengandung dua antioksidan lutein dan zeaxanthin. Senyawa karotenoid ini baik untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan seiring dengan pertambahan usia. Selain beberapa manfaat tersebut, masih ada manfaat melon lainnya yang tak kalah menarik. Baca artikelnya di Kandungan Nutrisi dan Manfaat Melon Oranye untuk Tubuh.

Sumber : “https://www.halodoc.com/artikel/kaya-nutrisi-ini-11-manfaat-buah-melon-jika-rutin-dikonsumsi”